LIFE IS NEVER FLAT

Blogroll


Ketika hidup memberi kata TIDAK atas apa yang kamu inginkan, percayalah, Tuhan selalu memberi kata YA atas apa yang kamu butuhkan

Sabtu, 29 Oktober 2011

KARAKTERISASI SIFAT BETON POLIMER BERBASIS AGREGAT BATU APUNG DAN PASIR WIDARA PAYUNG

Penulis : Wahyu Ria S (Program Studi Fisika Universitas Jenderal Soedirman)

Abstrak : Beton polimer merupakan beton yang dibuat dari campuran agregat kasar dan halus dengan bahan perekat polimer.  Pada penelitian ini beton polimer dibuat dengan bahan baku pasir widara payung, batu apung, dan epoxy resin sebagai material pengikat. Variasi komposisi yang dibuat dalam penelitian ini, meliputi variasi komposisi pasir widara payung : 0%, 20%, 40%, 60%, dan 80%  dari total berat beton 50 g, dengan epoxy resin tetap, yaitu 20% dari total berat beton, dan variasi komposisi epoxy resin : 20%, 40%, dan 60% dari total berat beton 50 g, dengan pasir widara payung tetap, yaitu 40% dari total berat beton. Parameter yang diamati adalah: densitas, porositas, penyerapan air, kuat tekan, dan analisa mikrostruktur dengan menggunakan Scanning Elektron Microscope (SEM). Dari hasil pengamatan menunjukkan bahwa kondisi optimum beton polimer, diperoleh pada komposisi: 20% batu apung, 40% pasir widara payung, dan 40% epoxy resin (dari berat total beton). Pada kondisi ini diperoleh karakteristik beton polimer sebagai berikut: densitas = 1,56 g/cm3, porositas = 2,83%, penyerapan air = 1,82%, kuat tekan = 20,56 MPa. Hasil foto SEM terhadap mikrostruktur beton menunjukkan bahwa pori-pori di dalam beton polimer belum terdistribusi merata, dengan ukuran pori < 100 µm.
Kata kunci :  beton polimer, pasir widara payung, batu apung, epoxy resin, densitas, porositas, penyerapan air, kuat tekan. 
Untuk mendownload selengkapnya silahkan tulis komentar anda.

6 komentar:

trimakasih atas infonya,,
tpi saya membutuhkan data lebih banyak lagi karna saya butuh untuk menjadi bahan tugas akhir saya..

trim's

Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

Posting Komentar

eriwidi46.blogspot.com. Diberdayakan oleh Blogger.


Lakukan yg dapat km lakukan hari ini, sehingga besok km dapat melakukan yg tak dapat km lakukan hari ini

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More