LIFE IS NEVER FLAT

Blogroll


Ketika hidup memberi kata TIDAK atas apa yang kamu inginkan, percayalah, Tuhan selalu memberi kata YA atas apa yang kamu butuhkan

Minggu, 30 Oktober 2011

RANCANG BANGUN ALAT UKUR KETINGGIAN AIR DENGAN KAPASITOR SILINDER BERBASIS KOMPUTER

Oleh : MUHAMMAD FADLOLI (Program Studi Fisika Universitas Jenderal Soedirman)

PENDAHULUAN
P   Pada tempat-tempat penampungan fluida seringkali diperlukan suatu mekanisme untuk mengetahui ketinggian permukaan fluida. Sebagian besar mekanisme pengukuran ketinggian fluida masih berupa cara-cara manual, misalnya dengan melihat dan melakukan pengukuran secara langsung pada tempat penampungan. Cara manual merupakan cara yang paling sederhana dan mudah, tetapi akan mengalami kesulitan jika letak penampungan fluida sulit dijangkau manusia, misalnya di atap bangunan, atau bila penerangan di sekitar penampungan fluida kurang. Dengan demikian diperlukan suatu mekanisme pengukur ketinggian permukaan fluida secara otomatis, salah satunya adalah dengan membuat sensor pengukur ketinggian air. Sensor ini kemudian dipasang di tempat penampungan air. tersebut Tampilan untuk melihat hasil pengukuran sensor tidak perlu dekat dengan sensor, dan dapat ditempatkan di tempat lain sesuai dengan kebutuhan. Sistem seperti itu memungkinkan  hasil pengukuran dapat dilihat dengan mudah setiap saat. Metode ini sangat efisien dibandingkan dengan metode secara manual, karena dalam satu tempat dapat memantau beberapa penampungan air tanpa harus melihat langsung ke setiap penampungan tersebut.

Berbagai bentuk dan model sensor ketinggian air telah dikembangkan untuk mengetahui perubahan ketinggian air. Sensor yang sering digunakan adalah inframerah, ultrasonik dan masih banyak sensor yang lainnya untuk mengukur perubahan ketinggian air. Sistem menggunakan sensor ultrasonik membutuhkan biaya yang cukup mahal, sedangkan sensor inframerah kurang stabil dalam pengukuran karena masih terpengaruh oleh gerakan air. Pada penelitian ini ditunjukkan pilihan lain untuk mengukur perubahan ketinggian air dengan sistem yang murah dan efisien. Sistem ini memanfaatkan perubahan kapasitansi pada kapasitor silinder akibat adanya perubahan bahan dielektrik.
Pemanfaatan kapasitor silinder sebagai sensor ketinggian air merupakan suatu inovasi sederhana dan efektif.  Sensor ketinggian air adalah sensor yang digunakan untuk melakukan pengukuran perubahan ketinggian air.  Prinsip kerja sensor ketinggian  air  ini adalah memberikan luaran berupa besaran listrik sebagai akibat adanya air yang berada di antara lempeng kapasitor silinder.  Keunggulan metode ini adalah pengukuran  dapat langsung dilakukan secara mudah efisien dan nilai ketinggian air langsung dapat diketahui. Berdasarkan pemaparan di atas, maka penelitian yang akan dilakukan adalah pembuatan sensor ketinggian air menggunakan kapasitor silinder. 
TUJUAN
1. Membuat sensor ketinggian air mengunakan kapasitor silinder;
2.  Membuat program interface menggunakan software  LabVIEW7.1;
3. Membuat alat ukur ketinggian air;
4. Melakukan pengujian alat meliputi kalibrasi, histerisis, kestabilan dan respon sensor.
MANFAAT

Manfaat yang dapat diperoleh dari penelitian yang akan dilakukan adalah menambah metode pengukuran ketinggian air yang lebih mudah diaplikasikan dan menambah pengetahuan tentang sistem pengukuran ketinggian air.
RANCANGAN PENELITIAN
Untuk info selengkapnya silahkan tulis komentar anda.

5 komentar:

Posting Komentar

eriwidi46.blogspot.com. Diberdayakan oleh Blogger.


Lakukan yg dapat km lakukan hari ini, sehingga besok km dapat melakukan yg tak dapat km lakukan hari ini

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More