LIFE IS NEVER FLAT

Blogroll


Ketika hidup memberi kata TIDAK atas apa yang kamu inginkan, percayalah, Tuhan selalu memberi kata YA atas apa yang kamu butuhkan

Sabtu, 08 Oktober 2011

Referensi Skripsi

KARAKTERISASI SPEKTRUM ABSORBANSI EKSTRAK LIDAH MERTUA (SANSEVIERIA TRIFASCIATA) SEBAGAI PHOTOSENSITIZER PADA DYE-SENSITIZED SOLAR CELL (DSSC)

ERI WIDIANTO
H1E007024
Program Studi Fisika
Universitas Jenderal Soedirman

Penelitian mengenai karakterisasi spektrum absorbansi ekstrak lidah mertua (Sansevieria trifasciata) sebagai photosensitizer alami pada Dye-Sensitized Solar Cell (DSSC) telah dilakukan. Karakterisasi spektrum absorbansi ektrak lidah mertua menggunakan Spektrometer UV-VIS. Uji absorbansi ekstrak lidah mertua pada penelitian ini menunjukkan konsistensi dengan spektrum absorbansi pada umumnya, yaitu muncul dua puncak. Puncak absorbansi teramati pada panjang gelombang λ = 411 nm dan λ = 665 nm yang mengindikasikan adanya kandungan anthosianin dan klorofil dalam ekstrak lidah mertua. Nilai absorbansi maksimum dalam penelitian ini sebesar 3,996. Hasil kalibrasi larutan menunjukan terjadinya peningkatan nilai absorbansi dye pada kenaikan konsentrasi, dengan persamaan dan koefisien korelasi 0,999. Hasil karakterisasi spektrum absorbansi menunjukan bahwa ekstrak lidah mertua dapat digunakan sebagai photosensitizer pada DSSC. Telah berhasil ditumbuhkan lapisan tipis dari campuran TiO2 dan ekstrak lidah mertua di atas substrat kaca menggunakan metode spin coating. Lapisan tipis digunakan sebagai elektroda pada DSSC.

Kata kunci : Ekstrak lidah mertua (Sansevieria trifasciata), spektum absorbansi, photosensitizer alami, Dye-Sensitized Solar Cell (DSSC)

Download selengkapnya di : download

0 komentar:

Posting Komentar

eriwidi46.blogspot.com. Diberdayakan oleh Blogger.


Lakukan yg dapat km lakukan hari ini, sehingga besok km dapat melakukan yg tak dapat km lakukan hari ini

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More